Monday, November 21

Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Al-Qur'an Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash MX 2004


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Al-Quran merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, karena di dalamnya mengandung semua petunjuk tentang hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia maupun tentang manusia dengan alam sekitarnya. Sebagai muslim, selain harus mengerti makna yang terkandung dalam Al-Quran, dalam membacanya pun harus sesuai dengan ketentuan cara-cara membaca Al-Quran sesuai dengan perintah yang ada dalam salah satu ayat Al-Quran yang artinya : “Dan bacalah Al-Quran itu dengan tartil.” (Q.S Al-Muzammil 73:4).  Menurut Ali bin Abu Thalib, “Tartil adalah mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat-tempat waqof (berhenti) yang benar” (Ust. Fahmi, www.ldii.or.id). “ Ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan cara-cara dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar sebagaimana yang diceritakan oleh Rosulullah SAW dan para sahabat.
            Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), tajwid dijadikan mata pelajaran tersendiri. Dalam ilmu tajwid diajarkan tentang pengucapan huruf yang benar yang sesuai dengan makhrojnya, tempat berhenti bacaan, panjang pendek bacaan dan lain sebagainya. Semua itu akan menjadi suatu kendala dalam proses pembelajaran ilmu tajwid bagi tingkat pemula, misalnya pembedaan bunyi huruf hijaiyyah yang hampir serupa tetapi  berbeda, seharusnya bacaanya panjang jadi pendek, yang seharusnya   diidghomkan, diikhfakan, diidharkan atau diidghomkan tapi dibaca datar,dsb.
Dengan adanya kendala-kendala tersebut diatas, maka perlu suatu alat bantu untuk mempermudah dalam proses pembelajaran ilmu tajwid. Alat bantu tersebut berupa software pembelajaran ilmu tajwid Al-Quran yang berisi pengenalan huruf hijaiyyah beserta makhrojnya, tentang berhenti bacaan yang benar (waqof), dsb.
            Berdasarkan masalah tersebut di atas, maka dalam penulisan mengambil judul  MEDIA PEMBELAJARAN ILMU TAJWID AL-QURAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX  2004

No comments:

Post a Comment

Wilujueng Sumping

Sasieureun sabeunyeuren uarng bagi elmu nu manfaat kanggo urang sadayana. Bilih aya nu teu geunah hapunten sateuacana.