Saturday, May 2

FILOSOFI

Filosofi dasar keamanan informasi
Keamanan informasi sering kali diharapkan untuk memberikan return-on-investmen (ROI) secara langsung untuk menjustifikasi biaya yang dikeluarkan. Padahal hal ini tidak dimungkirkan .
Keamanan informasi
harus dipandang dari sudut pandang proses dan tujuan dari perusahaan.Resiko bisnis berbeda dengan resiko keamanan informasi, akan tetapi tingkat keamanan informasi yang rendah dapat meningkatkan resiko bisnis.
Untuk informasi yang bernilai tinggi dan dalam rangka memproduksi produk yang berkualitas, data harus dilindungi dari modifikasi yang tidak diotorisasi. Integritas data harus dijaga dengan baik, sehingga selalu berada dalam kualitas terbaik. Apabila keaslian informasi diragukan atau terganggu, artinya integritas data masih terancam.
Membangun jembatan penghubung:Pengendalian keamanan untuk menggapai kebutuhan bisnis
Jalanan di atas jembatan : Kebijakan dan Standar Prosedur untuk menegaskan penerapan kebijakan keamanan informasi dapat diandaikan sebagai tepi dari jalanan di atas jembatan tersebut.
Penjaga gerbang : Teknologi
Secara sederhana, teknologi keamanan informasi terdiri dari hardware dan software tertentu yang akan menyediakan tiga elemen perlindungan keamanan informasi yaitu authentication, akuntabilitas, dan audit. Teknologi ini juga menyediakan mekanisme untuk menegaskan penerapan kebijakan, standar, dan prosedur keamanan informasi.
Perlindungan terhadap keamanan informasi harus dirancang berlapis-lapis . kebijakan dan standar keamanan infromasi perlu didukung oleh perosedure dan panduan yang memadai. Perlindungan keamanan informasi yang berlapis-lapis terdiri dari :
1. kebijakan keamanan informasi perusahaan
2. Kebijakan functional keamanan informasi
3. Kebijakan keamanan computer
4. Standar minimum keamanan informasi
5. Keamanan di sisi tekhnologi dan fisik
Keamanan informasi adalah hasil usaha bersama dari sebuah tim, dimana seluruh anggota dalama organisasi harus mendukung tujuan bisnis perusahaan.
Keamanan informasi adalaha salah satu bagian penting dari tujuan bisnis tersebut , dimana dapat menciptakan peluang bisnis baru, dan mengurangi resiko berbisnis

No comments:

Post a Comment

Wilujueng Sumping

Sasieureun sabeunyeuren uarng bagi elmu nu manfaat kanggo urang sadayana. Bilih aya nu teu geunah hapunten sateuacana.