Monday, November 21

Media Interaktif Pengenalan Rambu Lalu Lintas untuk Anak-Anak, dengan Menggunakan Macromedia Flash MX 2004


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
      Pendidikan merupakan pondasi dari seseorang untuk menjadikan orang itu sukses, untuk itu pendidikan perlu diberikan sejak dini. Adapun pendidikan yang perlu diberikan sejak dini yaitu pendidikan agama, sopan santun, bahasa, pengetahuan umum supaya menjadi bekal saat dewasa nanti, salah satu contoh pengetahuan umum yang sangat sederhana yaitu belajar tentang rambu-rambu lalu lintas. Untuk saat ini masih banyak orang dewasa yang tidak mengerti dan paham tentang rambu-rambu lalu lintas, adapun orang yang sudah mengerti dan paham tapi masih sering melanggarnya atau tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.
      Dalam hal ini sebenarnya peraturan-peraturan tersebut sudah diterapkan oleh kepolisian kita, tetapi masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang tidak mentaati peraturan-peraturan yang berlaku di jalan raya, sehingga menyebabkan tejadinya kecelakaan lalu lintas ataupun terjadi kemacetan-kemacetan yang ditimbulkan oleh para pengguna jalan raya yang tidak patuh terhadap rambu-rambu yang ada.
      Dari hal tersebut timbul pertanyaan, apakah para pengguna jalan mengetahui peraturan yang berlaku ? kita yakin bahwa pengendara sudah mengetahui akan hal itu, tetapi kemungkinan tingkat kesadarannya yang masih kurang, oleh karena itu pengetahuan dan  kesadaran akan disiplin berlalu lintas harus ditanamkan dari sejak dini, dengan cara menanamkannya kepada anak-anak, dengan harapan akan memupuk rasa disiplin dan kesadaran akan suatu peraturan yang berlaku, dalam hal ini yaitu disiplin berlalu lintas, dan untuk menarik minat anak-anak agar mau belajar untuk saat ini tidaklah terlalu sulit seperti dulu.           “ Taman Lalu Lintas Bandung “ contohnya, sebagai taman bermain anak-anak dalam hal pengenalan berlalu lintas, disediakan arena bermain dalam format lalu lintas yang dilengkapi dengan rambu-rambu dan petugas polisi dari anak-anak tersebut yang bermain, yang sebelumnya sudah diberikan arahan.
Dengan berkembangnya teknologi saat ini khususnya pembelajaran pada anak-anak, banyak metode-metode yang digunakan untuk menarik minat anak-anak agar tetap mau belajar, adapun beberapa contoh seperti game-game mini untuk belajar bahasa, menghitung, pengetahuan umum dan lain sebagainya.
Dari uraian di atas, maka penulis mencoba mengangkat masalah ini menjadi topik dalam  menyusun skripsi dengan judul : “ Media Interaktif Pengenalan Rambu Lalu Lintas untuk Anak-Anak, dengan Menggunakan Macromedia Flash MX 2004 “.

No comments:

Post a Comment

Wilujueng Sumping

Sasieureun sabeunyeuren uarng bagi elmu nu manfaat kanggo urang sadayana. Bilih aya nu teu geunah hapunten sateuacana.