BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Al-Quran merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, karena di dalamnya mengandung semua petunjuk tentang hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia maupun tentang manusia dengan alam sekitarnya. Sebagai muslim, selain harus mengerti makna yang terkandung dalam Al-Quran, dalam membacanya pun harus sesuai dengan ketentuan cara-cara membaca Al-Quran sesuai dengan perintah yang ada dalam salah satu ayat Al-Quran yang artinya : “Dan bacalah Al-Quran itu dengan tartil.” (Q.S Al-Muzammil 73:4). Menurut Ali bin Abu Thalib, “Tartil adalah mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat-tempat waqof (berhenti) yang benar” (Ust. Fahmi, www.ldii.or.id). “ Ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan cara-cara dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar sebagaimana yang diceritakan oleh Rosulullah SAW dan para sahabat.
Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), tajwid dijadikan mata pelajaran tersendiri. Dalam ilmu tajwid diajarkan tentang pengucapan huruf yang benar yang sesuai dengan makhrojnya, tempat berhenti bacaan, panjang pendek bacaan dan lain sebagainya. Semua itu akan menjadi suatu kendala dalam proses pembelajaran ilmu tajwid bagi tingkat pemula, misalnya pembedaan bunyi huruf hijaiyyah yang hampir serupa tetapi berbeda, seharusnya bacaanya panjang jadi pendek, yang seharusnya diidghomkan, diikhfakan, diidharkan atau diidghomkan tapi dibaca datar,dsb.
Dengan adanya kendala-kendala tersebut diatas, maka perlu suatu alat bantu untuk mempermudah dalam proses pembelajaran ilmu tajwid. Alat bantu tersebut berupa software pembelajaran ilmu tajwid Al-Quran yang berisi pengenalan huruf hijaiyyah beserta makhrojnya, tentang berhenti bacaan yang benar (waqof), dsb.
Berdasarkan masalah tersebut di atas, maka dalam penulisan mengambil judul “MEDIA PEMBELAJARAN ILMU TAJWID AL-QURAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004
No comments:
Post a Comment